MENGENAL KOMEDO LEBIH DALAM DAN CARA MENGATASINYA

Selain jerawat, salah satu persoalan kulit yang sering muncul pada wajah yakni munculnya komedo. Komedo sendiri merupakan benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Komedo biasanya muncul di area hidung, di mana pori-pori kulit di bagian tersebut mudah membesar. Akibatnya, wajah akan terlihat kasar, kotor, dan berbintik.

Faktor yang menyebabkan komedo di antaranya yakni terjadi perkembangan bakteri propioni bacterium acnes yang tidak terkendali pada permukaan kulit, tertimbunnya sel kulit mati di permukaan kulit, produksi minyak bertambah karena perubahan hormon, dan penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Adapun secara garis besar, komedo memiliki 2 jenis yaitu komedo hitam (blackhead) dan putih (whitehead). Komedo hitam biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam. Komedo ini ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan sebum dan kotoran yang menempel pada kulit. Komedo hitam merupakan jenis komedo yang paling mengganggu penampilan karena sangat terlihat wujudnya.

Sedangkan komedo putih terlihat seperti bintik-bintik putih yang bila nampak akan terlihat mengganggu. Namun bila dibandingkan dengan komedo hitam, komedo putih dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah. Komedo putih lebih mudah “dicabut” daripada komedo hitam.

Sebagian perempuan seringkali menghilangkan komedo dengan cara menggunakan masker peel off maupun menghilangkan secara manual dengan alat pencabut komedo. Padahal, banyak sekali bahan alami di sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi komedo. Berikut di antaranya yakni:

  1. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa anti-oksidan atau lycopine yang dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk. Sebab, sel kulit mati yang menumpuk merupakan faktor utama penyebab munculnya komedo Tomat juga dapat menjadi tabir surya yang alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV A dan UV B.

Adapun cara menghilangkan komedo dengan tomat yakni dengan mengonsumsinya secara rutin atau menjadikannya masker. Cara untuk membuat masker tomat yakni cukup dengan tumbuk halus hingga menjadi bubur kemudian oleskan pada wajah. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

  • Lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori dan membersihkan komedo. Adapun cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya yakni ambil gel secukupnya yang ada di lidah buaya kemudian oleskan secara merata pada kulit. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air mengalir.

  • Jeruk nipis atau lemon

Kita semua tahu bahwa jeruk nipis dan lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar dapat mengangkat sel kulit mati secara optimal. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami. Adapun cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis, yakni dengan mengonsumsinya sebagai minuman sehari-hari atau dengan cara peras buah jeruk nipis, oleskan air perasan pada area wajah, dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *